LATAR BELAKANG :
Di manapun di belahan dunia, masjid-masjid dan mushola
memasang pengeras suara untuk menyampaikan adzan mereka. Uniknya hampir setiap
daerah, bahkan setiap masjid dan musholla memiliki irama adazan yang
berbeda-beda. Betapa indahnya keragaman tersebut. Namun akhir-akhir ini ada
beberapa kalangan yang menyoroti adzan dengan lagu-lagu khas kreatif tersebut.
PERTANYAAN:
a. Bagaimana
hukum menjawab adzan yang disampaikan melalui pengeras suara?
b. Manakah
yang lebih utama, antara adzan
dengan pengeras suara atau tidak?
c. Bagaimana
hukum memanjangkan huruf mad sampai melebihi batas
maksimalnya dalam adzan?
JAWABAN :
a. Hukum
menjawab adzan yang disampaikan melalui pengeras suara bagi
orang yang mendengarkan adalah sunnah,
asalkan suara itu langsung
suara mu`addzin; bukan dari kaset atau semacamnya
b. Tentang
keutamaan adzan menggunakan pengeras suara diperinci sebagai berikut :
1. Jika adzan
tersebut tidak disunatkan untuk dibaca
denagn keras, yang lebih utama adalah tanpa memakai pengeras suara.
2. Jika adzan
tersebut disunatkan untuk dibaca denagn keras,
maka diperinci lagi :
a) Jika
mengeraskan suara tidak membuahkan hasil tanpa menggunakan penegras suara,
karena kalah dengan suara-suara lainnya maka
lebih baik menggunakannya.
b) Jika
mengeraskan suara sudah dapat hasil dengan tanpa memakai pengeras suara, maka lebih baik adzan tanpa memakai pengeras suara.
c. Hukum
memanjangkan huruf mad dalam adzan hingga
melebihi batas maksimal-nya tersebut makruh namun adzannya
tetap sah.
REFRENSI
1.
Qurrotul
Ain Fatawi Isma’il, hal. 169
2.
Mughnil
Muhtaj, juz I, hal. 140
3.
Sulaiman
al-Jamal, juz I, hal. 298
4.
As-Syarwani,
juz I, hal. 463
5.
Fathul
Jawad, juz I, hal. 104
6.
Faidlul
Khobir, hal. 93
وفى
قرة العين بفتاوى إسماعيل الزين، ص 169، مانصه:
سؤال: هل يسن جواب الاذان من مكبر الصوت
اذا كان المؤذن بعيدا عنه بحيث لايسمع اذانه الا بواسطة مكبر الصوت اولا، بينوا
ذلك، الجواب: نعم يسن اجابة المؤذن المذكور والمكبر غاية ما فيه انه يقوى الصوت
ويبلغه الى مدى بعيد هذا اذا كان الاذان منقولا بواسطة المكبر ان كان مؤذن يؤذن
بالفعل اما اذا كان الاذان فى الشريط المسجل فلا تسن اجابته لانه حاك والحاكى
لايحاكى والله اعلم. اهـ
وفى
مغنى المحتاج، ج 1 ص 140، مانصه:
(ويسن لسامعه مثل
قوله الا فى حيعلتيه)
(قوله مثل قوله) لقوله r: اذا سمعتم النداء فقولوا مثل ما يقول المؤذن متفق عليه. ويقاس
بالمؤذن المقيم -إلى أن قال- وافهم كلام المصنف انه لو علم اذان غيره او اقامته
ولم يسمعه لبعيد او صمم لا تسن له الاجابة وقال فى المجموع: انه الظاهر لأنها
معلقة بالسماع فى خبر. اذا سمعتم المؤذن ... اهـ.
وفى
الشروانى، ج 1 ص 463، مانصه:
أصل السنة بمجرد الرفع فوق ما يسمع نفسه
أو أحد من المصلين وكمال السنة بالرفع طاقته بلا مشقة ومع ذلك لولم يسمع من البلد
الاجانب لم يسقط الطلب عن غيرهم كما مر. اهـ
وفى
سليمان الجمل، ج 1 ص 298، مانصه:
وسن اظهار الاذان فى البلد وغيرها بحيث
يسمعه كل من اصغى اليه من اهل ذلك البلد او غيره (وقوله وسن اظهار الأذان فى البلد
الخ) -إلى أن قال- واما ظهور الشعار فى البلد فلا بد ان يكون بحيث يسمعه جميع أهل
البلد فلا بد فى حصول سنة إظهار الأذان بالنسبة لأهل البلد ان يظهر فى تلك البلد
بحيث يسمعه من بها لواصغوا إليه اهـ ح ل وعبارة شرح م ر: والضابط ان يكون بحيث
يسمعه جميع اهلها لواصغوا إليه لكن لابد فى حصول السنة بالنسبة لكل البلد من ظهور
الشعار كما ذكر اهـ
وفى
فتح الجواد، ج 1 ص 104، مانصه:
وان يؤذن حال كونه (مرتلا) لكلمات
الاذان بأن يأتى بها مبنية من غير تمطيط مجاوز للحد بخلاف الإقامة فإنه يسن
الاسراع فيها.
وفى
الشرقاوى، ج 1 ص 233-231، مانصه:
(ومكروهاتهما) أى
الأذان والإقامة -إلى أن قال- ومقدار مده (الف) أى حركتان ونقصه عن ذلك حرام شرعا.
فما يفعله البعض من المؤذنين أو القراء من الزيادة من المد الطبيعى أو النقص عنه
من أقبح البدعة كما لا يخفى. اهـ