LATAR BELAKANG MASALAH :
Kita sering menjumpai banyak sekali kertas-kertas berserakan di
toko-toko khususnya di toko jasa foto copy. Tidak
jarang kertas-kertas yang berserakan tersebut berupa lembaran-lembaran
yang berisi ayat-ayat al-Qur`an. Ironisnya
kertas-kertas tersebut menumpuk di tempat sampah, bahkan tidak ada yang bercampur dengan
kotoran-kotoran yang lain.
PERTANYAAN :
a. Apakah
kertas foto copy berisi tulisan Al Quran yang berserakan
tersebut dinamakan Mushaf? Jika masih,
siapakah yang menjadikannya mushaf al-Qur`an,
yang memfoto copy, yang menyuruh memfoto copy atau penulisnya yang asli?
b. Bagaimana
hukum menjual kiloan kertas-kertas tersebut pada semisal toko-toko untuk
dijadian bungkus?
JAWABAN :
a. Perlu
kita ketahui bahwa kertas foto copy berisi ayat-ayat suci Al Quran hukumnya sama sepeti al-Qur`an
yang ditulis dengan tangan. Dengan
demikian, lembaran-lembaran kertas
yang berisi ayat-ayat al Quran tersebut dihukumi
Mushaf apabila khalayak umum (adat/urf) sudah menganggapnya sebagai Mushaf meskipun tidak ditulis dengan tujuan tujuan
dirosah (belajar).
Namun jika khalayak umum (adat/urf) belum
menganggapnya sebagai mushaf
maka tidak dihukumi sebagai Mushaf. Kecuali apabila menetapi salah satu dari
rincian berikut :
1. Ditulis/dicetak
dengan tujuan untuk dirosah (belajar) dari orang yang
menyuruh memfoto copy atau orang yang memfoto copy.
2. Tidak
diketahui tujuan orang yang
menyuruh ataupun
yang memfoto copy, namun ada indikasi kuat (qorinah) tulisan
di krtas tersebut dibuat untuk dirosah (belajar).
3. Tidak
diketahui tujuannya, dan tidak ditemukan
indikasi terstentu (qorinah) yang menunjukkan tujuannya, maka kertas
tersebut dikembalikan pada hukum
asalnya yaitu untuk dirosah
(belajar).
Dengan
demikian, faktor yang menjadikan status lembaran-lembaran kertas berisi ayat-ayat suci
alQuran sebagai Mushaf adalah:
1. Adat/uruf (anggapan khalayak umum). Jika khalayakk umum sudah menganggapnya sebagai Mushaf.
2. Tujuan
dirosah dari orang yang memfoto copy, jika lembaran-lembaran tersebut untuk
dimiliki sendiri atau untuk orang yang menyuruh memfoto copy, namun dengan
sukarela (tanpa mendapat ijinnya).
3. Tujuan
dirosah dari orang yang menyuruh memfoto copy, jika lembaran ersebut untuk dia
dengan tidak sukarela (mendapat ijin).
4. Qorinah
untuk dirosah, jika tidak diketahui tujuannya yang menyuruh atau yang memfoto
copy.
5. Hukum
asli, jika tidak dimaksud untuk dirosah dan tidak ada qorinah untuk dirosah.
b. Hukum
menjual kertas foto copy berisi al quran pada toko-toko untuk dijadikan sebagai
bungkus adalah tidak boleh (haram). Karena terdapat
unsur penghinaan pada al-Qur`an. Dan sebagai catatan, bagi
yang menyuruh foto copy
harus menjaga hal itu tidak terjadi dengan
jalan apapun, baik dengan memintanya,
membelinya ataupun
memberi saran kepada orang yang memfoto copy.
1.
At-Turmusi,
juz I, hal. 314
2.
As-Syarwani,
juz I, hal. 149
3.
Al-Fatawi
al-Haditsiyah, hal. 162
4.
Al-Bajuri,
juz I, hal. 117
وفى
الترمسى، ج 1 ص 314، مانصه:
والمراد بالمكتوب اى
حقيقة او حكما ليدخل الطبع وذلك كلوح ويؤخذ من تمثيلهم به كما قال بعضهم انه لابد
ان يكون مما يكتب عادة حتى لو كتب على عمود قرآنا للدراسة لم يحرم مس غير محل
الكتابة ويؤخذ من ذلك ايضا انه لو نقش القران على خشبة وختم بها الاوراق بقصد
الدراسة وصار يقرأ يحرم مسها. اهـ
وفى
الشروانى، ج 1 ص 149، مانصه:
(وحمل ومس ما كتب لدرس قران فى الاصح) لانه كالمصحف -إلى أن قال-
وقولهم كتب لدرس ان العبرة فى قصد الدراسة والتبرك بحال الكتابة دون ما بعدها
وبالكاتب لنفسه او لغيره تبرعا والا فآمره او مستأجره ظاهر عطف هذا على المصحف ان
مايسمى مصحفا عرفا لا عبرة فيه بقصد دراسة ولا تبرك وان هذا انما يعتبر فيما لا
يسماه فإن قصد به دراسة حرم او تبرك لم يحرم وان لم يقصد به شيء نظر للقرينة فيما
يظهر (أو لغيره تبرعا) الظاهر ان المراد بالمتبرع الكاتب للغير بغير اذنه لابغير
مقابل كما هو المتبادر منه بصرى (قوله وان لم يقصدبه شيء الخ) لو قيل بالحرمة حيئذ
مطلقا لكان وجيها نظرا إلى أن الاصل فيه قصد الدراسة فان عارضه شيء يخرجه عنه عمل
بمقتضاه والا بقى على أصله. (قوله نظرا للقرينة الخ) لو كان الكلام مفروضا فى عدم
العلم بقصد الكاتب او الآمر لكان للنظر للقرائن وجه ليستدل بها على القصد وليس
كذلك بل هو مفروض فى عدم القصد وعليه فالذى يظهر والله اعلم ما ذكرت لك آنفا من
الحرمة مطلقا نظرا إلى ان الاصل فى كتابة الالفاظ قصد الدراسة للدوام كالمصحف اولا
للدوام كاللوح فان عارضه ما يخرجه عنه كقصد التبرك فقط عمل به والا بقى على اصله
بصرى ويأتى عن ع ش فى أدب قضاء الحاجة ما يفيد عدم الحرمة فى الاطلاق ولعل ما قاله
عمر البصرى أقرب. اهـ
وفى
الفتاوى الحديثة، ص 162، مانصه:
(وسئل) نفع الله به اذا استعمل من ورق الكتب اغشية لها وفى تجليدها
هل يجب نقضه وبله؟ (فأجاب) بقوله يحرم جعل الاوراق التى فيها شيئ من القران او من
الاسماء المعظمة غشاء مثلا اخذا مما افتى به الحناطى من حرمة جعل النقد وكاغد فيه
بسم الله الرحمن الرحيم وفرق ابن عماد بينه وبين كراهية لبس الثوب المطرز بالقران
بان المكتوب هنا قصد به الدراسة ومقتضاه انه لايحرم جعل ذلك فيما كتب لا للدراسة
وفيه وقفة والذى ينبغى فى الفرق أن يقال ليس من شأن الثوب أن يكتب عليه قران بخلاف
الكاغد فلم يحرم لبس ذلك وحرم جعل شيئ فى هذا لان لبس ذلك لايعد امتهانا لما كتب
عليه بخلاف جعله نحو نقد فى هذا فانه يعد
انتهاكا اى انتهاك لما كتب فيه لان الكتابة فيه تقطع عنه كونه يجعله ظرفا لغيره
لكونه موضوعا لها والكتابة على الثوب لا تقطع كونه ملبوسا لكونه ليس موضوعا له
واذا تقرر ذلك اتجه حرمة جعل النقد او غيره فى كاغد كتب فيه من القران سواء قصد
بها الدراسة أم غيرها ويعلم من هذا ما قدمته من انه يلحق بالقران كل اسم معظم كاسم
الله واسم نبيه محمد r واما الاوراق التى فيها علم محرم وليس فيها اسم معظم فظاهر كلامهم
انه لايحرم جعلها غشاء وحينئذ فلا يجب نقض الاغشية المعمولة منها. فان قلت بل
ينبغى ذلك قياسا على حرمة توسد كتب العلم المحترم قلت القياس له نوع اتجاه الا انه
يمكن الفرق بان التوسد فيه من المباشرة بالامتهان والاستعمال ماليس فى جعلها اغشية
وواضح ان الكلام فى كتب علم بالية تعطل النفع بها ولم يكن فى جعلها اغشية اضاعة
مال ولا تعطيل لذلك العلم المحترم فان وجد شيئ من ذلك اتجه القول بالحرمة حينئذ
كما لا يخفى على من له ادنى بصيرة واذا حرم وجب نقضها واعادتها ان امكن ذلك بعد
النقض والله أعلم. اهـ
وفى
الباجورى، ج 1 ص 117، مانصه:
وقال الحلبى
والقليوبى: يحرم مس ماقرب منه دون غيره ويحرم وضع شيئ على المصحف كخبز ملح لان فيه
ازراء وامتهنا له. اهـ
